Melakukan perubahan dengan terus Bergerak melalui pendekatan Rumus Fisika Energi Kinetik

Melakukan perubahan dengan terus Bergerak dengan pendekatan Rumus Fisika Energi Kinetik


---------------------------------------------------
Pengantar....

Bergerak, apa sih itu bergerak?
apa yang dikatakan sesuatu itu bergerak?

Pertanyaan yang cukup membuat otak bergetar ya, sejatinya kita tahu kok apa itu bergerak, anda yang sedang membaca artikel ini, itu juga sedang melakukan pergerakan, mau itu bacanya secara serius, santuy, sambil rebahan untuk para kaum rebahan, atau sambil berjalan eits kalo bisa nanti dulu yang berjalan, karena bahaya ya kalo baca sambil berjalan.

Ngerti gak maksudnya, gini deh saya akan pake sebuah sejarah yang dimasanya merupakan kota yang megah dengan ilmu pengetahuan yang maju pastinya, biasanya disebut dengan Golden Age.

Atau yang udah tau?

Tepatnya pada masa dinasti Abbasiyah, kerajaan islam pada masanya "hampir" menguasai dunia. Berkat mengerahkan Potensinya dengan baik, segala bidang ilmu berkembang disana mulai dari agama, logika, filsafat, matematika, fisika, astronomi, sosioslogis, antropologi, politik, kedokteran, teknologi, militer ....... apa lagi ya, pokoknya banyak deh, bisa disearch di mbah google lebih lengkapnya ya.

Yang pasti pada masa itu semua ilmu apapun dipelajari karena merupakan satu kesatuan yang utuh untuk menghadapi problematika kehidupan manusia.


Bisa kita bayangkan, bagaimana hebatnya masa itu, tetapi semuanya berubah disaat sudah berada dipuncak, kekuasaan ilmu dan wilayah telah dimiliki, dan akhirnya berhenti melakukan pergerakan pada semua ilmu untuk lebih dikuatkan, salah satunya militer, hingga salah satu bangsa mengetahui kondisi tersebut, membuat strategi, dan menyerang kota tersebut secara brutal dengan membunuh semua manusia mau itu pria, wanita, anak-anak, sampai balita, semuanya dihancurkan, hingga hilanglah seketika peradaban tersebut. Tamat

Ehh belum tamat, ini bukan dongeng ya

Tapi sebelum lanjut udah kebayang belum apa itu bergerak dari sejarah tersebut.

Masih belum ya, jadi gini secara lebih rumitnya....

Bergerak merupakan aktivitas mengerahkan  seluruh waktu, tenaga, dan pikiran untuk terus mencari tahu sesuatu dengan tujuan membangun peradaban yang baik.

Terlalu filosofis kayaknya ya...

Intinya nih ya, kayak judul artikel ini aja lah

Bergerak = perubahan

Paham kan, kalo belum, gpp mungkin otak kalian sedang bekerja secara keras untuk memahami artikel ini, karena otak kalian lagi melakukan perubahan untuk bisa berpikir lebih ilmiah.

---------------------------------------------------
kita lanjut ke metodologinya, bagaimana melakukan pergerakan dengan pendekatan rumus fisika energi kinetik.

Biar pembaca nih makin suka dengan ilmu fisika yang bikin pusing tujuh keliling, mari kita lewat pendekatan ilmu fisika secara filosofis, dan gak bakal ditemuin di sekolah yang membahasnya hanya teori saja.

Pastinya bagi pembaca yang telah menempuh S3 yakni SD, SMP, SMA/SMK sudah tidak asing dengan rumus ini

Tepatnya pada materi Energi
EK = 1/2.m.v^2

kalo pembaca masih ingat keterangan dari tiap variabel rumus...
EK = Energi Kinetik
m = massa
v = kecepatan

Jadi bagaimana cara melakukan perubahan dengan konsep energi kinetik, mari kita selidiki rumus fisika diatas secara terkonsep dan sistematis ya....

Coba amati rumusnya deh
EK = 1/2.m.v^2

massa ibaratkan usaha kita untuk mengetahkan segala waktu, tenaga, dan pikiran untuk optimasi dalam sebuah kegiatan.

kecepatan ibaratkan langkah kita untuk memulai sesuatu, mau itu menghilangkan rasa malas jadi rajin contohnya, ataupun lain sebagainya, sehingga kita pun ada perubahan ke yang lebih baik, jadi prinsip kecepatan adalah perubahan ke yang lebih baik.

jika dilihat dari rumus sudah terbukti bahwa kecepatan itu dipangkatkan 2, agar apa sih filosofisnya?

Dimana pergerakan kita harus 2x lipat dari biasanya agar perubahan yang baik terjadi dengan cepat, tujuannya adalah efektif dan efisien yang lebih terarah.

lalu terakhir filosofis setengah, adalah ibaratkan kita butuh istirahat dalam bergerak, contohnya mesin mobil jika bekerja terus-menerus akan rusak, komponen elektronika pun sama halnya jika terus bekerja akan mudah rusak, makanya diperlukan istirahat sejenak agar bergerak ke perubahan bisa lebih optimal, prinsipnya adalah mesti seimbang, dan istirahat gak usah lama, sebentar saja sudah cukup mengembalikan energi seperti semula kok.


---------------------------------------------------
Hikmah

Sehingga dari penjabaran diatas bisa kita ambil secara bil hikmah, bahwa dalam bergerak melakukan perubahan perlu ada usaha dan bergerak 2x lipat serta istirahat sejenak agar perubahan yang dibangun dapat lancar serta membawa dampak baik bagi lingkungan.

Memulai memang bukan hal yang mudah, tetapi dengan memulai kita ingin berusaha berubah, membangun itu perlu pondasi, untuk dapat berdiri kokoh menopang kuatnya bangunan rumah.



Semoga kita dapat memulai untuk melakukan perubahan yang baik, dengan cara yang benar juga pastinya, sehingga akan memberi dampak bagi masyarakat luas.

Intinya....
Mulai aja dulu....
Ya kan.

Komentar

Trendingkanlah

Eliminasi Gauss-Jordan dengan Python

"Aplikasi data anggota perpustakaan serta transaksi peminjaman dengan RFID dan Wemos ESP8266 berbasis Internet of Things."

Menjadi Agen Pembangunan dengan pendekatan Rumus Fisika Energi Mekanik

Kebenaran yang bersifat Aksioma

Sejarah Ibnu Sina Karya dan Kebesarannya

Hakikat Masa Depan

Hakikat Sarjana, dari Resensi Buku Bukan Sarjana Muda